Komoditas Ubi Jalar Dan Ayam Kampung Mewakili Provinsi Papua

5 buku Techical Guidance, 90 Poster dan 45 Exp buku panduan tentang pedoman lomba karya tulis dan karya inovasi teknologi pertanian yang diadakan Badan Litbang Pertanian yang dikirim/sampaikan ke SMA/SMK yang ada di Provinsi Papua, hanya enam judul yang ikut berpartisipasi sesuai jadwal yang sudah ditentukan melalui BPTP Papua. Kurangnya minat ini disebabkan siswa/i bersamaan mau ujian naik kelas/akhir. Keenam judul tersebut adalah: (1) Peningkatan nilai ekonomi ubi jalar (Ipomea batatas) di Kabupaten Jayapura (SMK YPKP Sentani Kabupaten Jayapura), (2) Pemanfaatan daun gamal (Gliricidea sapium) sebagai subsidi gizi pada rasum pakan ternak ayam kampung (SMA Negeri 1 Muting Kabupaten Merauke), (3) Pemanfaatan agensi hayati Aspergiluus Sp yang terdapat pada limbah daun bambu menjadi efetictive microorganisme bamboo (EMB) sebagai dekomposer pupuk organik alternatif (SMK Negeri 7 Perbatasan RI-PNG (Border School) Kota Jayapura) (4) Proyeksi kebutuhan vitamin A bagi penduduk usia balita pada hasil panen bayam (Amarantus Sp) di Provinsi Papua selama kurun waktu 2011-2025 (SMA Gabungan Kota Jayapura), (5) Pemanfaatan limbah sagu sebagai pupuk organik yang ramah lingkungan (SMK YPKP Sentani Kab. Jayapura) dan, (6) Penggunaan pestisida organik pada tanaman ubi jalar untuk meningkatkan hasil panen di Koya Timur Muara Tami Kota Jayapura (SMA YPPK Taruna Dharma Kota Jayapura).
         Dari enam naskah tersebut di atas hanya empat yang melengkapi sesuai jadwal yang ditentukan, yaitu (1) Pemanfaatan daun gamal (Gliricidea sapium) sebagai subsidi gizi pada rasum pakan ternak ayam kampung, (2) Pemanfaatan agensi hayati Aspergiluus Sp yang terdapat pada limbah daun bambu menjadi efetictive microorganisme bamboo (EMB) sebagai dekomposer pupuk organik alternatif, (3) Proyeksi kebutuhan vitamin A bagi penduduk usia balita pada hasil panen bayam (Amarantus Sp) di Provinsi Papua selama kurun waktu 2011-2025, dan (4) Penggunaan pestisida organik pada tanaman ubi jalar untuk meningkatkan hasil panen di Koya Timur Muara Tami Kota Jayapura.
          Setelah dilakukan penilaian secara seksama, terutama ide, orisionalitas, metodologi, keberlanjutan, muatan lokal dan bahasa. Panitia menetapkan (1) Pemanfaatan daun gamal (Gliricidea sapium) sebagai subsidi gizi pada rasum pakan ternak ayam kampung (SMA Negeri 1 Muting Kabupaten Merauke) dengan nilai 7.560 sebagai juara I dan (2) Penggunaan pestisida organik pada tanaman ubi jalar untuk meningkatkan hasil panen di Koya Timur Muara Tami Kota Jayapura (SMA YPPK Taruna Dharma Kota Jayapura) dengan nilai 7.537 sebagai Juara II. Karya tersebut mewakili Provinsi Papua untuk diikutkan dalam lomba tingkat nasional di Badan Litbang Pertanian di Jakarta. Kepala BPTP Papua (Dr. Ir. Fadjry Djufry, MSi) memberi apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah ikut berpartisipasi (Afrizal Malik dan Rohimah Handayani). 
Copyright 2009 This Template All rights reserved Designed by BOBA NEWS